Sabtu, 05 Juni 2010

Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa 2010 oleh Badan Pengembangan Teknologi dan Inovasi Yogyakarta

TUJUAN

Tujuan dari Lomba Teknologi dan Inovasi Mahasiswa tahun 2010 adalah :
1. Berkembangnya gagasan baru yang inovatif yang dapat diimplementasikan di masyarakat, sehingga dapat mendukung tercapainya visi DIY tahun 2020.
2. Munculnya usaha-usaha baru berbasis pada teknologi dan inovasi tanpa terlepas dari keunggulan yang dimiliki oleh DIY.



BIDANG LOMBA

Lomba dibagi dalam 6 bidang, yaitu Pariwisata, Kerajinan & Industri Kreatif, Obat Tradisional, Makanan Tradisional, Pendidikan dan Energi Terbarukan. Setiap bidang dapat ditinjau dari sisi sosial-humaniora, hukum, ekonomi, kesehatan, agro dan sains-teknologi.



PERSYARATAN PENGAJUAN

Proposal bukan merupakan proposal penelitian dasar, namun merupakan penerapan RIPTEKS yang dapat memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat. Untuk itu proposal harus mampu menunjukkan adanya kegiatan penyebarluasan inovasi dan pasca lomba. Proposal harus diajukan oleh kelompok mahasiswa (antara 2-10 orang), dengan 1-2 dosen pembimbing. Proposal harus mendapat persetujuan dari pejabat bidang kemahasiswaan (mis; Wakil Rektor/Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dll) dimana ketua tim berasal. Proposal yang tidak memenuhi persyaratan dan format terlampir tidak akan dievaluasi oleh Tim Penilai.


FORMAT USULAN DAN TAHAPAN SELEKSI

1. Proposal berisi :

- Latar belakang
- Tujuan dan hasil yang akan dicapai
- Analisis pasar dan ekonomi
- Mekanisme pencapaian tujuan
- Rancangan materi promosi hasil karya
- Sumber daya yang dibutuhkan
- Keberlanjutan kegiatan/usaha
- Personalia.

Proposal disampaikan dalam format usulan sepanjang maksimal 10 halaman A4, font 11, spasi 1, rangkap 4 (empat) dengan sampul sesuai bidang lomba, yaitu :

- Pariwisata : Biru
- Kerajinan & Industri Kreatif : Kuning
- Obat Tradisional : Coklat
- Makanan Tradisional : Hijau
- Pendidikan : Putih
- Energi Terbarukan : Merah

Proposal diserahkan paling lambat tanggal 30 Juni 2010, jam 14.00 ke Panitia Lomba Teknologi dan Inovasi Mahasiswa tahun 2010 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Propinsi DIY.

2. Bagi proposal/peserta yang dinyatakan sebagai juara berdasarkan penilaian tim juri pada presentasi final akan diberikan beasiswa sebesar Rp 1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah).


PENGHARGAAN PADA TIAP BIDANG

Terbaik I : Rp. 3.000.000
Terbaik II : Rp. 2.500.000
Terbaik III : Rp. 2.000.000


JADWAL KEGIATAN

Penawaran pengajuan proposal lomba => Mei - Juni
Batas akhir penyerahan proposal => 30 Juni 2010
Evaluasi Tim Penilai (desk evaluation) => 30 Juni~13 Juli 2010
Pengumuman finalis => 14 Juli 2010
Presentasi akhir =>26 Oktober 2010


Kesalahan Dalam Penyusunan Proposal LITM

ImageLomba Inovasi dan Teknologi dirancang agar mahasiswa dapat berperan memberikan ide dalam pengembangan bidang-bidang unggulan di DIY. Oleh karena itu lomba ini bukan lomba penelitian murni sesuai namanya lomba inovasi teknologi. Beberapa kesalahan mahasiswa dalam menyusun proposal LITM adalah :

1. Bersifat penelitian murni/belum aplikatif.
2. Tidak mampu menunjukkan seberapa besar potensi dan kebutuhan pasar untuk menyerap teknologi yang dihasilkan.
3. Tidak mampu menunjukkan kemampuan produksinya dalam memenuhi kebutuhan pasar yang disasar.
4. Tidak mampu menunjukkan bahwa kelompok pengusul akan secara serius menggunakan produk yang diusulkan sebagai produk usahanya.

Demikian beberapa kesalahan umum yang terjadi yang menyebabkan proposal usulan dianggap tidak sesuai dengan maksud dan tujuan lomba ini.


sumber:
website Badan Pengembangan Teknologi dan Inovasi Yogyakarta

3 komentar:

  1. ada link sumber aslinya nggak ren?

    BalasHapus
  2. ada, mz..

    tu uda q cantumin sumbernya.. ^_^

    BalasHapus
  3. Mahasiswa UMA Meraih Juara III Karya Tulis Ilmiah FISIONTICAL 2019 Dalam Bidang Inovasi Smart Inkubator Tingkat Nasional Di Jakarta
    https://www.uma.ac.id/berita/mahasiswa-uma-meraih-juara-iii-karya-tulis-ilmiah-fisiontical-2019-dalam-bidang-inovasi-smart-inkubator-tingkat-nasional-di-jakarta

    BalasHapus