Senin, 04 Februari 2013

Belajar di Belanda dengan Beasiswa StuNed

StuNed, singkatan dari Studeren in Nederland atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia. 

Program Beasiswa StuNed

Program StuNed merupakan bagian dari kebijakan kerja sama pembangunan pemerintah Belanda yang bertujuan untuk mendukung pencapaian "UN Millenium Development Goals" pada tahun 2015. Kerangka kerja sama bilateral dengan Indonesia tercantum dalam Multi-Annual Policy Framework 2012 - 2015 yang memiliki 5 bidang yang diprioritaskan yaitu manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economy sector), sektor judisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights).
Program StuNed menitikberatkan pada pengembangan dan penguatan kapasitas institusi dalam rangka mendukung kelima bidang tersebut di atas.

Program beasiswa StuNed bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Melalui program beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan short course di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application.

Profil Kandidat

Program beasiswa StuNed dibuat khusus untuk para profesional Indonesia dengan masa kerja minimum dua tahun di tempat kerja terakhir. Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi dari mitra Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektivitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.
Prioritas akan diberikan kepada calon peserta yang berasal dari organisasi-organisasi lokal yang ber mitra  dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda yaitu:
  1. Arsip Nasional RI (ANRI)
  2. Badan Intelijen Negara (BIN)
  3. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
  4. Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan (BAKOSURTANAL)
  5. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
  6. Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT)
  7. Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI)
  8. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
  9. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  10. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
  11. Dewan Pers Nasional
  12. Dewan Perwakilan Rakyat (hanya staf ahli Komisi I,II, III, IV, V, VI, VII, IX, X and XI)
  13. Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Barat
  14. Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat
  15. Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan
  16. Institut Kesenian Jakarta, Fakultas Seni
  17. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  18. Institut Teknologi Bandung (ITB), Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Seni dan Desain, Jurusan Arsitektur
  19. Kejaksaan Agung
  20. Kementrian Agama
  21. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  22. Kementrian Dalam Negeri
  23. Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral
  24. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia: Direktorat Jendral Perundang-undangan, Direktorat Jendral Imigrasi, Direktorat Hukum Internasional, Direktorat HAM dan Direktorat Pelayanan Warga Binaan Pemasyarakatan
  25. Kementrian Kehutanan (Setjen, Ditjen PHKA)
  26. Kementrian Kelautan dan Perikanan (Setjen, Ditjen P2HP, Badan Karantina dan Standarisasi, Badan SDM)
  27. Kementrian Keuangan
  28. Kementrian Koordinator  Perekonomian
  29. Kementrian Lingkungan Hidup
  30. Kementrian Luar Negeri
  31. Kementrian Pekerjaan Umum (Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Cipta Karya)
  32. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  33. Kementrian Perdagangan
  34. Kementrian Perhubungan
  35. Kementrian Pertahanan
  36. Kementrian Pertanian (Ditjen Peternakan, Setjen, Ditjen Hortikultura, Ditjen Perkebunan, Badan Karantina Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan)
  37. Kemitraan bagi Pembaruan Tata Kelola Pemerintahan Indonesia
  38. Komisi Minyak Sawit Indonesia
  39. Komisi Pemberantasan Korup
  40. Komisi Yudisial (KY)
  41. Lembaga Ketahanan Nasional RI (LEMHANNAS)
  42. Mahkamah Agung (MA)
  43. Mahkamah Konstitusi (MK)
  44. Polisi Republik Indonesia (POLRI)
  45. Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK)
  46. Pusat Penelitian Kelapa Sawit
  47. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesian (Jember)
  48. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua
  49. Sea Food Service Centre
  50. Sekretariat Negara (SETNEG)
  51. Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  52. Universitas Gadjah Mada (UGM), Fakultas Arkeologi
  53. Universitas Slamet Riyadi, Solo, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  54. Pusat Pengembangan Perikanan Tangkap
Di samping itu, prioritas juga diberikan kepada kandidat perempuan dan calon peserta dari luar Jawa.
Setelah menyelesaikan studi di Belanda, penerima beasiswa diharuskan kembali ke Indonesia dan diharapkan meneruskan komitmennya bagi pembangunan melalui institusi tempat mereka bekerja.

Pilihan Program Studi

Secara umum program studi yang terdapat di situs www.studyfinder.nl dan berkaitan erat dengan fokus area Multi-Annual Policy Framework Kedutaan Besar Kerajaan  Belanda dan sektor-sektor pembangunan Indonesia dapat dipilih.


StuNed - Master Programme

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia, Dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri.
  2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, Dibuktikan dengan: Surat penerimaan (admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); Dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.
  4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir, Dibuktikan dengan: Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
  5. Persetujuan dari institusi; Dibuktikan dengan: Pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
  6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
  7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; Dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 79, atau IELTS minimal 6.0.
  8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
  9. Prioritas diberikan untuk staf mitra kerja Kedutaan Besar Belanda;
  10. Tidak ada batas umur.

Pilihan program studi

Semua program studi Master dapat dilihat di www.studyfinder.nl dengan masa studi maksimal 2 tahun. Program studi yang dapat dipilih, untuk biaya kuliah tidak lebih dari EUR 15.000 per tahun.
Deadline pendaftaran untuk program Master adalah 15 Maret 2013.
Formulir pendaftaran bisa diunduh di sini
 
 

StuNed - Short Courses

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia; Dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri.
  2. Diterima di salah satu program short courses yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda. Dibuktikan dengan: Surat penerimaan (admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); Dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum di dalamnya.
  4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir; Dibuktikan dengan: Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.
  5. Persetujuan dari institusi; Dibuktikan dengan: Pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.
  6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;
  7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; Dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68 atau IELTS minimal 5.5
  8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;
  9. Prioritas diberikan untuk staf mitra kerja Kedutaan Besar Belanda;
  10. Tidak ada batas umur;

Pilihan Program Studi
Semua program short course yang terdapat di situs www.studyfinder.nl yang berkaitan erat dengan sektor-sektor tersebut di atas dengan masa studi maksimal enam bulan.

Batas Akhir Pendaftaran
1 Maret 2013 (untuk jadwal short course yang dimulai antara 1 Juli – 31 Desember 2013)
Aplikasi untuk deadline 1 Maret 2013 dapat diunduh di sini.
CV bisa diunduh di sini.

StuNed - In Country Short Course

Program In-Country Short Course adalah salah satu program dalam StuNed Scholarship Program yang ditujukan bagi pelamar yang memilih kursus-kursus singkat yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan Belanda yang berkedudukan di Indonesia. Program ini diselenggarakan di Indonesia  dengan menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya.
Para peminat diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu ke pihak pemberi kursus sebelum mengajukan permohonan mendapatkan  beasiswa StuNed ke Nuffic Neso Indonesia. Batas akhir penyerahan aplikasi StuNed sekitar 1 bulan sebelum kursus dimulai.
MDF Pacific-Indonesia, sebuah institusi pendidikan Belanda akan menyelenggarakan beberapa kursus singkat, baik kursus yang diberikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Informasi mengenai pilihan kursus beserta jadwalnya dapat dilihat di website MDF Pacific-Indonesia: www.mdf.nl/mdf-pi.
Pengumuman hasil seleksi StuNed akan diinformasikan oleh Nuffic Neso Indonesia langsung kepada mereka yang terpilih melalui email.

Profil Kandidat

Program beasiswa StuNed dirancang khusus untuk para profesional Indonesia dengan masa kerja minimum dua tahun di tempat kerja terakhir. Prioritas diberikan kepada mereka yang bekerja pada organisasi-organisasi mitra Kedutaan Besar Kerajaan Belanda (lihat untuk daftar mitra kerja di website kami: www.nesoindonesia.or.id) .
Perhatian khusus diberikan kepada para kandidat yang bekerja di luar Jawa  dan kepada keseimbangan jender.
Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi  tempat mereka bekerja, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektifitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Persyaratan

  1. warga negara Indonesia,
  2. pendidikan  minimal S1, minimal IPK 2,75,
  3. memiliki nilai  ITP TOEFL minimal 520 untuk in-country short course yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar,
  4. pengalaman kerja sebagai karyawan tetap selama minimal dua tahun di institusi terakhir sebelum batas akhir pendaftaran dengan melampirkan SK Pengangkatan atau Kontrak Kerja,
  5. memiliki latar belakang pendidikan atau bidang kerja yang sesuai dengan pilihan program studi,
  6. memiliki motivasi kuat untuk mengikuti program studi yang dipilih,
  7. telah memperoleh admission letter  dari institusi pendidikan Belanda penyelenggara kursus di Indonesia.


Beasiswa StuNed secara umum, meliputi:
a. uang kuliah/kursus,
b. biaya hidup (uang harian),
c. akomodasi,
d. biaya perjalanan tiket pesawat domestik,
e. biaya perjalanan dari bandara ke hotel/tempat kursus diadakan.


Batas akhir pendaftaran adalah 1 Maret 2013 (untuk pelatihan yang dimulai antara Mei-Oktober 2013)
Aplikasi dapat diunduh di sini.
CV bisa diunduh di sini.


StuNed - Tailor Made Training

Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang mempunyai kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan organisasi. Program ini dirancang sesuai dengan kebutuhan organisasi pemohon (demand driven) dengan mengajukan Training Outline (TO) yang didasari oleh kebutuhan pelatihan tersebut. Program Tailor Made Training biasanya berlangsung singkat selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi Belanda. Training dapat mengakomodasi kelompok berjumlah paling banyak 20 orang yang terdiri dari staf tingkat madya.  Program ini tidak memberikan gelar atau diploma.
Program dapat diadakan:
  • seluruhnya di Belanda;
  • seluruhnya di Indonesia;
  • sebagian di Belanda dan sebagian di Indonesia.
Untuk Tailor Made Training pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.

StuNed Programme Rules & Regulations 


4 komentar:

  1. mantap.. jadi ingin ikutan juga nich..

    nice blog, keep posting mbak.. :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih..
    Ayo semangat ajukan aplikasinya.. :)

    BalasHapus
  3. kemarin minggu habis ada Dutch Placement Day di UGM loh mbak,

    BalasHapus
  4. If you're looking to lose kilograms then you absolutely have to jump on this brand new custom keto plan.

    To create this service, licensed nutritionists, fitness trainers, and chefs have united to develop keto meal plans that are productive, suitable, cost-efficient, and fun.

    Since their launch in January 2019, 100's of clients have already transformed their body and well-being with the benefits a professional keto plan can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-tested ones offered by the keto plan.

    BalasHapus